Q: Bagaimana cara membedakan mutiara asli dengan yang palsu?

 
A: Pertama, dengan cara digigit atau digesek di gigi bagian luar. Mutiara asli akan terasa seperti berpasir, sedangkan mutiara palsu terasa licin. Kedua, dengan cara dibakar. Mutiara asli bila dibakar sebentar tidak akan rusak, sedangkan mutiara palsu akan langsung meleleh. Ketiga dengan cara digesek di permukaan kaca. Mutiara asli akan meninggalkan bekas seperti kapur namun tidak rusak mutiaranya, sedangkan mutiara palsu akan rusak. Anda juga bisa menguji nya dengan menggunakan Aseton (pembersih kuku) dengan cara meneteskan nya ke permukaan mutiara, jika mutira tersebut setelah di teteskan semakin bersih, maka itu mutiara asli dan sebalik nya jika setelah di teteskan mutiara itu menjadi buram atau luntur maka itu bukan mutiara

 
Q: Apa perbedaan mutiara tawar dengan mutiara laut?
A: Pertama, dari tempat pembudidayaan. Mutiara tawar dihasilkan dari kerang mutiara yang dibudidayakan di air tawar dan umur budidayanya 6 bulan, dalam satu kerang terdapat lebih dari satu mutiara. Sedangkan mutiara laut dihasilkan dari kerang mutiara yang dibudidayakan di laut dengan waktu budidaya yang lebih lama yaitu kurang lebih 3-4 tahun . Kedua, dari kilaunya juga berbeda. Ketiga, dari beratnya. Mutiara laut biasanya lebih berat ketimbang mutiara tawar. Itulah sebabnya mutiara laut hitungannya per gram. Keempat, satu kerang mutiara laut menghasilkan 1 mutiara dalam jangka waktu bertahun-tahun, sedangka satu kerang mutiara tawar menghasilkan beberapa mutiara dalam jangka waktu yang lebih singkat. Itulah kenapa mutiara laut harganya jauh lebih mahal ketimbang mutiara tawar

 
Q : Apa si rangka rhodium itu?
A : Rhodium sendiri adalah bahan yang sangat langka dan bahkan harganya jauh lebih mahal dari emas adapun bahan-bahan material rhodium tersebut terdiri dari beberapa bahan campuran logam yang biasa digunakan dalam pembuatan perhiasan. Karena mempunyai sifat yang mengkilap dan reflektif serta tahan terhadap korosif maka rhodium banyak digunakan dalam pelapisan emas,perak .

 
Q : Kenapa di sebut lapis emas?
ya, karena tidak semua orang tahu rhodium, orang lebih mudah mengatakan lapis emas, maka dari itu kami menggunakan istilah lapis emas, kemudian kami membuat tulisan ini agar paham apa yang anda beli. Gampangnya, lapis emas itu sama saja dengan lapis rhodium .

 

Q : Gimana kualitasnya dari rhodium tersebut ?
A : Hampir semua perhiasan baik emas,perak ataupun rhodium pasti akan mengalami penurunan kualitas maka diperlukan perlakuan yang baik terhadap setiap perhiasan . Tetapi berani saya rekomendasikan kepada konsumen, karena belajar dari pengalaman saya selama jualan perhiasan, bahan rangka rhodium ini tidak pernah saya menerima keluhan/komplenan tentang rhodium. Jadi kualitas rhodium sudah teruji, artinya bahan rhodium ini tidak cepat pudar lebih mengkilap, tidak cepat menghitam, rangka rhodium ini bisa awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun tentunya dengan perawatan dan perlakuan yang baik.